MEDAN – Memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang jatuh pada awal tahun 2025, Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) meluncurkan layanan inovatif bernama HSSE One Stop Service (HOSS). Acara pembukaan Bulan K3 ini berlangsung pada Senin (13/1) di Medan, ditandai dengan suatu upacara resmi oleh Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Freddy Anwar. Bertemakan “Skilled, Safe, Sustainable,” ajang ini bukan hanya sebuah selebrasi tahunan, tetapi menjadi strategi peningkatan budaya Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) yang lebih komprehensif dalam operasi perusahaan.
Memperkuat Budaya Keselamatan Kerja
Freddy Anwar dalam pidatonya menyebutkan bahwa upaya peringatan Bulan K3 tak hanya soal tradisi, tetapi langkah penting dalam memantapkan komitmen terhadap keselamatan kerja dan keberlanjutan operasional. "Rangkaian peringatan bulan K3 ini tentu kita harapkan akan menjadi langkah konsisten kita dalam penerapan aspek K3 HSSE secara berkelanjutan. Untuk itu kami berharap Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang dijunjung tinggi ini dapat mendorong aspek keselamatan dan juga kinerja dari setiap pekerja Pertamina yang bekerja di area operasinya agar energi dapat selalu tersalurkan ke masyarakat,” ungkap Freddy dengan penuh optimisme.
Ia juga menambahkan bahwa penerapan K3 harus menjadi bagian yang terintegrasi dalam praktik sehari-hari, melampaui batas seremoni tahunan. Menurut Freddy, kesadaran dan keahlian para pekerja serta mitra kerja dalam menghadapi keadaan darurat menjadi salah satu prioritas utama.
Kegiatan Interaktif untuk Membangun Kesadaran Kolektif
Region Manager HSSE Sumbagut, Harris Siantoro, menjelaskan bahwa perayaan Bulan K3 berlangsung dari Januari hingga Februari dan mencakup berbagai kegiatan seperti HSSE Compliance League, Safetyman Competition, dan HSSE Warrior. "Rangkaian peringatan bulan K3 diharapkan dapat menjadi langkah konsisten dalam penerapan K3 HSSE secara berkelanjutan untuk mencapai zero accident di lingkungan kerja perusahaan,” tegas Harris.
Dia menambahkan bahwa kegiatan tersebut akan melibatkan tidak hanya pekerja internal tetapi juga mitra kerja, keluarga, dan masyarakat sekitar, dengan tujuan membangun kesadaran kolektif mengenai pentingnya penerapan K3 di semua sektor.
Peluncuran Layanan HOSS (HSSE One Stop Service)
Sebagai bagian dari inisiatif K3, Pertamina Patra Niaga Sumbagut memperkenalkan layanan HOSS. Layanan ini dirancang untuk memberikan dukungan dan peningkatan layanan kepada para stakeholder HSSE dengan pendekatan yang terintegrasi. Dari konsultasi tentang bahaya dan risiko, pengelolaan keselamatan kontraktor (CSMS), hingga penerbitan izin kerja dan HSSE Passport, semua bisa diperoleh dalam satu tempat.
“Lewat layanan ini, sekaligus bisa melakukan transfer knowledge, edukasi, induksi, pemantauan Fit to Work serta monitoring database pekerja khusus yang berada di area dengan risiko tinggi,” ujar Harris dengan menekankan pentingnya pemantauan dan edukasi berkelanjutan.
Dukungan Informasi Lewat Call Center Pertamina
Sebagai tambahan, Pertamina juga menyediakan layanan Call Center di nomor 135 untuk masyarakat dan pelanggan yang membutuhkan informasi terkait produk dan layanan Pertamina. Inisiatif ini memastikan bahwa semua lapisan masyarakat dapat mengakses informasi yang dibutuhkan dengan mudah dan cepat.
Menuju Masa Depan Operasional yang Lebih Aman dan Berkelanjutan
Peringatan Bulan K3 ini merupakan langkah penting bagi Pertamina Patra Niaga Sumbagut dalam memperkuat komitmen mereka terhadap keselamatan dan keberlanjutan. Dengan peluncuran layanan HOSS, perusahaan berharap dapat mengoptimalkan kualitas operasional sekaligus meningkatkan kesadaran pekerja dan mitra kerja tentang pentingnya aspek HSSE. Melalui pelatihan dan kegiatan inklusif yang melibatkan berbagai pihak, Pertamina menunjukkan langkah nyata menuju lingkungan kerja tanpa kecelakaan atau "zero accident".
Komitmen ini selaras dengan tema "Skilled, Safe, Sustainable", yang bertujuan menciptakan tenaga kerja yang tidak hanya terampil tetapi juga menjunjung tinggi prinsip keselamatan dan menjaga keberlanjutan operasi perusahaan. Dengan demikian, energi terus tersalurkan dengan cara yang aman dan efisien kepada masyarakat Indonesia.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan HOSS dan kegiatan selama Bulan K3 ini, masyarakat dan pihak yang berkepentingan dapat mengakses layanan Pertamina Call Center di nomor 135.