Arus Penyeberangan Menjelang Nataru 2024 Terpantau Lancar, ASDP Optimalkan Armada untuk Mendukung Layanan Prima

Arus Penyeberangan Menjelang Nataru 2024 Terpantau Lancar, ASDP Optimalkan Armada untuk Mendukung Layanan Prima

Merak – Jalur penyeberangan Merak-Bakauheni, yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera, menunjukkan kondisi arus lalu lintas yang sibuk namun tetap terkendali. Berdasarkan pantauan di terminal kapal ekspres, kendaraan yang terparkir untuk siap dimuat terlihat lancar tanpa antrean panjang. ASDP mengimbau agar para pengguna jasa mempersiapkan perjalanan dengan matang guna menghindari kemacetan puncak selama libur Natal dan Tahun Baru.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin, menyarankan masyarakat untuk merencanakan keberangkatan lebih awal, mengingat potensi cuaca ekstrem yang dapat memengaruhi layanan penyeberangan. "Kami mengimbau pengguna jasa untuk tetap waspada terhadap cuaca ekstrem dan merencanakan perjalanan lebih awal, sebelum puncak arus," kata Shelvy.

ASDP telah menyiapkan langkah mitigasi guna memastikan kelancaran operasional selama periode Natal dan Tahun Baru 2024/2025. Bersama dengan KSOP, ASDP mengoperasikan kapal-kapal besar untuk mendukung kelancaran layanan. Semua armada telah diperiksa kelengkapan alat keselamatannya sesuai dengan prosedur operasi standar (SOP), demi memastikan keselamatan dan kenyamanan pengguna jasa.

"Seiring dengan prediksi cuaca ekstrem yang berlanjut hingga awal tahun depan, ASDP terus berkoordinasi dengan BMKG dan pihak terkait lainnya untuk memantau kondisi cuaca secara real-time dan memberikan informasi terkini kepada masyarakat," tambah Shelvy.

Untuk mendukung kelancaran perjalanan, ASDP mewajibkan pembelian tiket ferry dilakukan melalui aplikasi Ferizy atau mitra resmi. Sistem tiket ini memungkinkan pengguna memesan tiket hingga 60 hari sebelum keberangkatan, sehingga dapat meminimalkan risiko antrian panjang di pelabuhan.

“Kami terus mengingatkan masyarakat untuk memesan tiket lebih awal melalui Ferizy. Selain memastikan ketersediaan tiket, langkah ini juga menghindarkan pengguna dari antrian panjang. Saat ini, ASDP tidak lagi menjual tiket di pelabuhan, jadi pastikan tiket sudah dibeli sebelum berangkat,” ujar Shelvy.

Dalam situasi force majeur, seperti cuaca ekstrem yang dapat menyebabkan penundaan jadwal, ASDP memberlakukan kebijakan perpanjangan masa berlaku tiket hingga 24 jam. Kebijakan ini memberi fleksibilitas kepada pengguna jasa untuk melakukan perjalanan sesuai dengan jadwal baru yang disesuaikan.

Arus Lalu Lintas Masih Terkendali Berdasarkan data Posko Merak, selama 24 jam terakhir (20 Desember 2024 pukul 00.00-23.59 WIB atau H-5), tercatat 33 kapal beroperasi. Jumlah penumpang yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera mencapai 23.236 orang, turun 37% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yang mencatatkan 36.867 orang. Jumlah kendaraan yang menyeberang tercatat 5.922 unit, turun 32% dibandingkan tahun lalu yang mencapai 8.747 unit.

Selama periode H-7 hingga H-5, total penumpang yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera tercatat 59.971 orang, turun 13% dibandingkan tahun lalu yang tercatat 68.761 orang. Sementara total kendaraan tercatat 17.146 unit, turun 4% dibandingkan 17.888 unit pada periode yang sama tahun lalu.

Di sisi lain, data Posko Bakauheni menunjukkan selama 24 jam (periode 20 Desember 2024 pukul 00.00-23.59 WIB atau H-5), tercatat 32 kapal beroperasi. Jumlah penumpang yang menyeberang dari Sumatera ke Jawa mencapai 16.680 orang, turun 53% dibandingkan tahun lalu yang tercatat 35.491 orang. Jumlah kendaraan yang menyeberang tercatat 4.490 unit, turun 48% dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang tercatat 8.640 unit.

Untuk periode H-7 hingga H-5, total penumpang yang menyeberang dari Sumatera ke Jawa tercatat 72.845 orang, turun 26% dibandingkan tahun lalu yang tercatat 99.045 orang. Sementara total kendaraan yang menyeberang tercatat 18.854 unit, turun 21% dibandingkan tahun lalu yang tercatat 23.843 unit.

ASDP berkomitmen untuk memastikan keselamatan, kenyamanan, dan kelancaran perjalanan selama masa libur Natal dan Tahun Baru. Dengan langkah mitigasi yang tepat, koordinasi dengan pihak berwenang, serta dukungan teknologi Ferizy, ASDP optimistis dapat memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pengguna jasa.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index