Bank Mandiri Tingkatkan Layanan ATM dan EDC untuk Nataru 2024

Bank Mandiri Tingkatkan Layanan ATM dan EDC untuk Nataru 2024

Jakarta – Menyambut peningkatan kebutuhan transaksi selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Bank Mandiri mengalokasikan uang tunai sebesar Rp 26 triliun, naik 4,6% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Alokasi dana ini dilakukan sebagai langkah antisipatif Bank Mandiri untuk memenuhi lonjakan kebutuhan masyarakat dalam transaksi tunai selama periode liburan yang berlangsung 33 hari, mulai 1 Desember 2024 hingga 2 Januari 2025. SEVP Corporate Relations Bank Mandiri, Wisnu Trihanggodo, menyatakan bahwa peningkatan alokasi ini didasarkan pada proyeksi kenaikan transaksi ATM/CRM masyarakat.

“Berdasarkan data historis, proyeksi kenaikan kebutuhan dana untuk ATM/CRM tahun ini diperkirakan sebesar 3,3%. Dana ini akan difokuskan untuk mesin ATM/CRM yang berada di bandara, terminal, stasiun kereta, dan tempat wisata utama,” ujar Wisnu dalam keterangan resminya pada Kamis (5/12).

Selain itu, Bank Mandiri telah mengantisipasi puncak transaksi nasabah di ATM dan EDC selama Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2025. Saat ini, Bank Mandiri mengoperasikan 12.885 mesin ATM yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima, dan Visa/Plus di seluruh Indonesia. Sedangkan jaringan Mandiri EDC tercatat sebanyak 258.000 unit di seluruh merchant.

Bank Mandiri memprediksi puncak kebutuhan pengisian uang ATM akan terjadi dua hari sebelum perayaan Natal 2024 dan dua hari sebelum Tahun Baru 2025.

"Transaksi di mesin EDC diperkirakan akan meningkat pada periode Natal dan Tahun Baru 2025, seiring dengan pembagian THR bagi karyawan yang merayakan Natal. Untuk itu, Bank Mandiri telah menyiapkan 259.000 jaringan EDC untuk mendukung transaksi non tunai nasabah," jelas Wisnu.

Untuk mendukung transaksi non tunai selama Nataru, Bank Mandiri juga mendistribusikan 947.000 kartu uang elektronik Mandiri e-money ke cabang dan mitra merchant Bank Mandiri. Selain itu, Bank Mandiri memastikan Call Center 14000 dan Live Chat MITA melalui akun WhatsApp resmi Bank Mandiri di +62 811-84-14000 siap membantu nasabah dalam melakukan transaksi keuangan.

Wisnu juga menegaskan kesiapan layanan digital banking seperti super app Livin’ by Mandiri dan Kopra by Mandiri untuk membantu nasabah dalam melakukan transaksi keuangan. Bank Mandiri mengajak nasabah untuk memanfaatkan fitur digital dalam Livin’ by Mandiri selama libur Natal dan Tahun Baru 2025.

"Livin' by Mandiri dilengkapi dengan fitur lifestyle, memungkinkan nasabah mengakses berbagai layanan finansial hanya dalam sekali login, mulai dari akses rekening tabungan, pinjaman personal, e-wallet favorit, hingga hiburan dan belanja langsung dalam satu aplikasi," papar Wisnu.

Salah satu fitur menarik di Livin’ by Mandiri adalah Livin’ Sukha yang memudahkan nasabah dalam memenuhi kebutuhan transaksi seperti pembelian tiket pesawat, tiket kereta api, hiburan, voucher gim, tiket konser, dan lainnya.

"Kami berkomitmen untuk terus menghadirkan solusi digital yang cepat, aman, dan mudah untuk memenuhi kebutuhan finansial serta gaya hidup nasabah, sejalan dengan visi Bank Mandiri menjadi mitra finansial pilihan utama nasabah,” tambahnya.

Di sisi lain, Bank Mandiri juga proaktif mengedukasi nasabah mengenai keamanan dalam transaksi digital. Wisnu mengingatkan nasabah untuk menjaga kerahasiaan data pribadi dan berhati-hati dalam memberikan data penting seperti nomor kartu, OTP, CVV, dan CVC. Nasabah diimbau untuk tidak mudah tergiur oleh ajakan mengklik atau mengunduh file APK dari pihak yang mengatasnamakan Bank Mandiri.

Sebagai informasi, sejak diluncurkan pada Oktober 2021, Livin' by Mandiri telah menunjukkan pertumbuhan yang pesat. Hingga Oktober 2024, aplikasi Livin' by Mandiri telah digunakan oleh 28,1 juta pengguna, naik 32% dibandingkan tahun lalu. Total nilai transaksi Livin' by Mandiri mencapai Rp3.315 triliun dengan frekuensi transaksi mencapai 3,1 miliar transaksi.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index