Bank Mandiri Berikan Solusi Digital Keamanan untuk Transaksi Nataru

Senin, 16 Desember 2024 | 22:12:54 WIB

Jakarta – Menyambut meningkatnya kebutuhan transaksi selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Bank Mandiri mengalokasikan uang tunai sebesar Rp 26 triliun. Angka ini mengalami kenaikan sebesar 4,6% dibandingkan dengan alokasi tahun sebelumnya.

Penyediaan dana ini merupakan langkah antisipatif Bank Mandiri terhadap lonjakan kebutuhan transaksi tunai masyarakat selama liburan yang berlangsung selama 33 hari, mulai dari 1 Desember 2024 hingga 2 Januari 2025. SEVP Corporate Relations Bank Mandiri, Wisnu Trihanggodo, menyatakan peningkatan alokasi ini berdasarkan proyeksi kenaikan transaksi di ATM/CRM.

“Berdasarkan data historis, kami memperkirakan kebutuhan dana untuk ATM/CRM akan meningkat sebesar 3,3% tahun ini, dengan fokus pada mesin ATM/CRM di bandara, terminal, stasiun kereta, dan tempat wisata utama,” ujar Wisnu dalam keterangan resmi pada Kamis (5/12).

Lebih lanjut, Bank Mandiri telah mempersiapkan puncak transaksi di ATM maupun EDC pada Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2025. Hingga saat ini, Bank Mandiri memiliki 12.885 mesin ATM yang terhubung dengan jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima, dan Visa/Plus di seluruh Indonesia. Selain itu, jaringan Mandiri EDC mencapai 258.000 unit di seluruh merchant.

Bank Mandiri memprediksi puncak kebutuhan pengisian uang di ATM akan terjadi dua hari sebelum Hari Raya Natal 2024 dan dua hari menjelang Tahun Baru 2025.

“Transaksi di mesin EDC juga diperkirakan akan meningkat selama periode liburan, terutama terkait pembagian THR untuk karyawan yang merayakan Natal. Untuk itu, Bank Mandiri telah menyiapkan 259.000 unit EDC untuk mendukung transaksi non-tunai,” jelasnya.

Dalam rangka mendukung transaksi non-tunai, Bank Mandiri juga mendistribusikan 947.000 kartu uang elektronik Mandiri e-money ke cabang dan mitra merchant. Bank Mandiri juga memastikan Call Center 14000 serta Live Chat MITA melalui WhatsApp di +62 811-84-14000 siap membantu nasabah dalam transaksi keuangan.

Wisnu juga memastikan bahwa layanan digital banking Bank Mandiri, seperti super app Livin’ by Mandiri dan Kopra by Mandiri, siap mendukung nasabah dalam bertransaksi. Bank Mandiri mengajak nasabah untuk memanfaatkan fitur-fitur digital di Livin’ by Mandiri selama libur Natal dan Tahun Baru 2025.

“Livin’ by Mandiri dilengkapi dengan fitur lifestyle yang memungkinkan nasabah mengakses berbagai layanan finansial dalam satu aplikasi, mulai dari rekening tabungan, pinjaman pribadi, e-wallet, hingga hiburan dan belanja,” papar Wisnu.

Salah satu fitur unggulan adalah Livin’ Sukha pada Livin’ by Mandiri yang memungkinkan nasabah untuk memenuhi berbagai kebutuhan transaksi, seperti pembelian tiket pesawat, tiket kereta api, voucher gim, tiket konser, dan lainnya.

"Kami berkomitmen untuk terus menghadirkan solusi digital yang cepat, aman, dan mudah untuk memenuhi kebutuhan finansial dan gaya hidup nasabah, sejalan dengan visi Bank Mandiri menjadi mitra finansial pilihan utama nasabah,” tambahnya.

Di sisi lain, Bank Mandiri juga proaktif mengedukasi nasabah tentang pentingnya keamanan dalam transaksi digital. Wisnu mengingatkan agar nasabah selalu menjaga kerahasiaan data pribadi dan berhati-hati dalam memberikan data penting seperti nomor kartu, OTP, CVV, dan CVC. Nasabah juga diimbau untuk tidak mudah tergiur dengan tawaran mengklik atau mengunduh file APK dari pihak yang mengatasnamakan Bank Mandiri.

Sebagai informasi tambahan, sejak diluncurkan pada Oktober 2021, aplikasi Livin’ by Mandiri telah mengalami pertumbuhan yang pesat. Hingga Oktober 2024, pengguna aplikasi ini mencapai 28,1 juta, meningkat 32% dibandingkan tahun sebelumnya. Total nilai transaksi yang tercatat mencapai Rp 3.315 triliun dengan frekuensi transaksi mencapai 3,1 miliar transaksi.

Terkini