Wisnu Trihanggodo Bahas Antisipasi Nataru Bank Mandiri

Senin, 16 Desember 2024 | 22:44:02 WIB

Jakarta - Menyambut meningkatnya kebutuhan transaksi selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Bank Mandiri mengalokasikan uang tunai sebesar Rp 26 triliun, meningkat 4,6% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Penyediaan dana tersebut merupakan langkah antisipatif Bank Mandiri untuk memenuhi lonjakan kebutuhan transaksi tunai masyarakat selama liburan yang berlangsung 33 hari, dari 1 Desember 2024 hingga 2 Januari 2025. SEVP Corporate Relations Bank Mandiri, Wisnu Trihanggodo, mengungkapkan bahwa alokasi ini berdasarkan proyeksi kenaikan transaksi ATM/CRM masyarakat.

“Berdasarkan data historis, kami memperkirakan kenaikan kebutuhan dana untuk ATM/CRM tahun ini sebesar 3,3%, yang akan difokuskan pada mesin-mesin yang berada di bandara, terminal, stasiun kereta api, dan tempat-tempat wisata utama,” ujar Wisnu dalam keterangan resmi pada Kamis (5/12).

Bank Mandiri juga telah mengantisipasi puncak transaksi nasabah di ATM maupun EDC pada perayaan Natal dan Tahun Baru 2025. Saat ini, total mesin ATM Bank Mandiri yang beroperasi berjumlah 12.885 unit yang terhubung dengan jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima, serta Visa/Plus di seluruh Indonesia. Jaringan Mandiri EDC tercatat sebanyak 258.000 unit di seluruh merchant.

Proyeksi Bank Mandiri menunjukkan puncak kebutuhan pengisian uang ATM akan terjadi dua hari sebelum Hari Raya Natal 2024 dan dua hari sebelum Tahun Baru 2025.

"Transaksi pada mesin EDC juga diperkirakan meningkat selama periode Natal dan Tahun Baru 2025, mengingat adanya pembagian THR untuk karyawan yang merayakan Natal. Untuk itu, kami telah menyiapkan 259.000 unit jaringan EDC untuk mendukung transaksi non-tunai nasabah," jelas Wisnu.

Bank Mandiri juga mendistribusikan 947.000 kartu uang elektronik Mandiri e-money ke cabang dan mitra merchant untuk mendukung transaksi non-tunai selama Nataru. Selain itu, Bank Mandiri memastikan Call Center 14000 atau Live Chat MITA pada akun resmi WhatsApp Bank Mandiri di +62 811-84-14000 siap membantu nasabah dalam melakukan transaksi keuangan.

Wisnu juga menegaskan kesiapan aplikasi digital banking Bank Mandiri seperti Livin’ by Mandiri dan Kopra by Mandiri untuk membantu nasabah melakukan transaksi keuangan selama liburan. Bank Mandiri mengajak nasabah untuk memanfaatkan berbagai fitur digital dalam Livin’ by Mandiri untuk kebutuhan finansial maupun gaya hidup selama Nataru.

"Livin’ by Mandiri dilengkapi dengan fitur lifestyle, memungkinkan nasabah mengakses berbagai layanan finansial hanya dalam sekali login, mulai dari akses rekening tabungan, pinjaman personal, e-wallet favorit, hingga hiburan dan belanja langsung dalam satu aplikasi," papar Wisnu.

Fitur Livin’ Sukha pada Livin’ by Mandiri juga memberikan kemudahan bagi nasabah dalam memenuhi kebutuhan transaksi seperti pembelian tiket pesawat, tiket kereta api, entertainment, voucher gim, tiket konser, dan lainnya.

"Kami terus berkomitmen menghadirkan solusi digital yang cepat, aman, dan mudah untuk memenuhi kebutuhan finansial serta gaya hidup nasabah, sejalan dengan visi Bank Mandiri menjadi mitra finansial pilihan utama nasabah,” tambahnya.

Selain itu, Bank Mandiri proaktif mengedukasi nasabah terkait keamanan transaksi digital. Wisnu mengingatkan nasabah untuk menjaga kerahasiaan data pribadi dan berhati-hati dalam memberikan informasi penting seperti nomor kartu, OTP, CVV, dan CVC. Nasabah juga diimbau untuk tidak mudah tergiur mengklik atau mengunduh file APK dari pihak yang mengatasnamakan Bank Mandiri.

Sebagai informasi tambahan, sejak diluncurkan pada Oktober 2021, aplikasi Livin’ by Mandiri menunjukkan pertumbuhan yang pesat. Hingga Oktober 2024, aplikasi ini telah digunakan oleh 28,1 juta pengguna, meningkat 32% dibandingkan tahun sebelumnya. Total nilai transaksi Livin’ by Mandiri mencapai Rp 3.315 triliun dengan frekuensi transaksi mencapai 3,1 miliar transaksi.

Terkini